1. Perbandingan e-citizen di indonesia dan Jepang. Dampaknya pada demokrasi indonesia.

E-government dan demokrasi adalah 2 hal yang sulit untuk dipisahkan karena demokrasi akan berjalan baik ketika e-government telah Seimbang atau kokoh.

E-government adalah langkah pertama untuk memperkuat pembentukan masyarakat dan institusi-institusi demokrasi yang dilakukan melalui media elektronik. Inisiatif penerapan e-demokrasi adalah ingin melibatkan partisipasi masyarakat ke dalam kebijakan-kebijakan publik, agar menghasilkan kebijakan-kebijakan yang bernilai, transparan dan mempunyai akuntabilitas yang tinggi dalam kaitannya dengan keputusan-keputusan politik.

Kemajuan dan Dampaknya di Indonesia

Perkembangan e-citizens di Indonesia sudah memasuki pada tahapan yang matang, dimana rakyat Indonesia sudah bisa mengakses berbagai informasi melalui internet. juga mengambil bagian dalam perannya sebagai warga negara yang modernistik mengikuti steknologi yang semakin maju. Dampaknya tentunya turut memajukan bangsa dan negara dengan berpartisipasinya pada e-government dan kedemokrasian negara indonesia yang terdapat pada e-goverment menjadi demokrasi yang e-demokrasial. Pengguna internet di Indonesia semakin berkembang mencapai 10,50% dari jumlah penduduk Indonesia, meskipun masih dibawah negara tetangga. Seperti Malaysia (62,80%), Singapura (67,40%), Thailand (20,50%), Filipina (14,60%), dan Brunei Darussalam (46,20%). Pertumbuhan tersebut dapat diramalkan semakin meningkat dari tahun ke tahun, dengan indikator para generasi muda dan masyarakat berpendidikan mempunyai tingkat literasi tentang teknologi informasi semakin baik termasuk penggunaannya semakin bertambah. Hal ini juga didukung oleh penyebaran internet, tidak saja pada area-area perkotaan, tetapi saat ini sudah menjangkau tingkat kecamatan bahkan pedesaan.

Kemajuan dan Dampaknya di Jepang

Jika di indonesia tahap perkembangan e-citizen sudah matang di jepang implementasi E-Citizen sudah sangat sigap membantu masyarakat agar lebih mudah, aman, dan nyaman dalam mengurus segala sesuatu yang terkait citizen sendiri dengan pemerintah Jepang.

Yang dilakukan oleh pemerintahan Jepang pada masyarakat salah satunya tentang pendigitalan pendidikan yang dilakukan oleh pemerintah Jepang melalui E-government sehingga dapat membantu para pelajar untuk mendapatkan informasi umum bagi para pelajar di jepang maupun pelajar dari jepang yang mempunyai minat untuk belajar di luar Jepang. pemerintahan Jepang  pun sangat memperhatikan infrastruktur internet yang dibangun oleh pemerintah agar dapat mendukung masyarakatnya dalam aktivitas yang berkaitan dengan penggunaan internet yang memiliki kecepatan tinggi yang tentunya berdampak pada efektivitas dari bentuk pemerintahan jepang.

Jika dibandingkan e-citizens jepang, indonesia walaupun teknologi internet sudah sampai desa-desa namun masih belum semua daerah yang memiliki fasilitas seimbang dengan kota atau provinsi pusat di indonesia yang mengakibatkan ketidaksetaraan dan rasa berbeda, ibarat dianak tirikan oleh negara yang harus bertanggung jawab atas kemerataan kesejahteraan.

Rekomendasi dari saya:

Pembangunan di daerah daerah serta fasilitas yang umum dimiliki setiap daerah seperti Sekolah, Perguruan Tinggi, Rumah sakit yang terstandarisasi

Kecepatan internet lelet, harus ditingkatkan dan pengurangan harga internet yang terbilang mahal terbatas oleh kuota provider yang minim

Bahwa pemerintah memiliki peran aktif dalam memperhatikan asimilasi dan akulturasi  yang berkembang di tengah-tengah masyarakat dari dampak penggunaan Internet.

Indonesia harus mencontoh negara-negara yang bijak dalam penerapan regulasi untuk mentertibkan masyarakat dengan pemerintahan supaya terjadi kesinergian antar belah pihak.

2. E-Business di indonesia dan Jepang

Jepang,

dalam hal E-Business Terkenal dengan prinsip ometenashi atau mengedepankan pelayanan yang ramah serta kualitas terbaik, contohnya yang sedang booming kini adalah Rakuten. Ialah yang menjadi salah satu perusahaan berbasis internet terbesar di dunia asal jepang.

Efektivitasnya sendiri pun terbukti. Pada 2016 lalu pendapatannya mencapai 781,9 miliar yen dengan laba bersih sebesar 38 miliar yen. Rakuten dalam Bahasa Jepang berarti optimisme. Berbekal optimisme tersebut pada 1997 Hiroshi Mikitani menciptakan sebuah e-commerce marketplace yang lambat laun berkembang ke berbagai jenis produk dan jasa.

Berkat keberhasilannya tersebut Rakuten kerap disebut sebagai Amazon dari Asia. Hiroshi Mikitani sebetulnya tidak benar-benar mencetuskan ide mengenai online shopping, melainkan ide tersebut baru muncul ketika dia mencoba sendiri berbelanja mi instan dengan menggunakan jasa online shoppping dari sebuah toko lokal. Pada saat itu dia mulai berpikir bahwa cara berbelanja seperti ini sangat menyenangkan konsumen. Bahkan di sisi lain akan sangat berpengaruh terhadap bisnis setiap toko.

“Saat itu saya berpikir bahwa model bisnis semacam ini dalam beberapa tahun akan sangat besar, mengingat perdagangan jadi bentuk bisnis yang paling mudah dan banyak digeluti oleh masyarakat maka online shopping akan membantu bisnis mereka untuk berkembang,” ujar Micky, sapaan akrab Mikitani.

Pada 1997 akhirnya Micky menciptakan Rakuten yang kelak menjadi e-commerce terbesar nomor satu di Jepang dan disebut memiliki model bisnis serupa dengan Amazon. Kendati begitu, Micky menolak dikatakan serupa. Sebab, dalam model pelayanannya, Rakuten menganut konsep hospitality atau keramahan yang mengakar dari kebudayaan Jepang.

Indonesia,

Sedangkan e-business di Indonesia sendiri, kini kian banyak situs yang berlomba-lomba menjadi yang terdepan dengan konsep dan e-commerce

Namun ada satu yang menjadi favorit masyarakat kalangan remaja hingga dewasa, ialah Kaskus. Situs forum komunitas maya terbesar dan nomor 1 Indonesia dan penggunanya disebut dengan Kaskuser. Kaskus lahir pada tanggal 6 November 1999 oleh tiga pemuda asal Indonesia yaitu Andrew Darwis, Ronald Stephanus, dan Budi Dharmawan, yang sedang melanjutkan studi di Seattle, Amerika Serikat. Situs ini dikelola oleh PT Darta Media Indonesia. Kaskus memiliki lebih dari 3,4 juta pengguna terdaftar. Pengguna kaskus umumnya berasal dari kalangan remaja hingga orang dewasa yang berdomisili di Indonesia maupun di luar Indonesia.

Kaskus, yang merupakan singkatan dari Kasak Kusuk, bermula dari sekedar hobi dari komunitas kecil yang kemudian berkembang hingga saat ini. Kaskus dikunjungi sedikitnya oleh 900 ribu orang, dengan jumlah page view melebihi 15.000.000 setiap harinya. Hingga bulan September 2011, Kaskus sudah mempunyai lebih dari 416 juta posting. Kaskus.us menyediakan berbagai artikel unik dan menarik. Kaskus juga adalah sebuah situs berbasis bulletin board service atau forum yang menjadi no 1 Indonesia community. Kaskus juga termasuk forum jual beli. Forum jual beli tersebut diberlakukan system e-commerce karena transaksi elektronik. Untuk memudahkan kaskus memberikan transaksi online yang mudah yang dinamakan kaskus e-pay. Dalam hal jual beli kaskus telah berkontribusi besar bagi dunia e-business di Indonesia. Untuk itu menurut saya e-bisnis yang terbaik di Indonesia saat ini adalah kaskus.us. Sebab kaskus memiliki kelebihan-kelebihan tersendiri dibandingkan dengan yang lain kelebihan-kelebihan tersebut antara lain adalah :
  • Kaskus berupa forum yang memiliki anggota terbesar diseluruh Indonesia dan member kaskus biasanya membuat thread paling update sehingga anda tidak ketinggalan jaman.
  • The Lounge menyediakan banyak artikel unik yang sebelumnya mungkin banyak orang yang tidak mengetahuinya.
  • CCPB mempermudah kita untuk mencari software serta jamunya(crack)
  • Kaskus merupakan forum asli buatan Indonesia
  • Dalam FJB ( forum jual-beli) kaskus menyediakan berbagai barang dalam  berbagai  bentuk dan rupa, baik baru maupun bekas.
  • Emoticon serta member kaskus.us sangat lucu dan humoris. Emoticon lucu ini mampu membuat members terbebas dari rasa bosan dan jenuh karena tidak hanya disuguhi tulisan kaku, tetapi ada emoticon gerak.
  • Kaskus.us menyediakan subforum yang sangat banyak. Sehingga dapat membuat para membernya nyaman dan lebih kreatif.
  • Kaskus.us dapat menjadi forum kebersamaan serta komunitas tertentu.
  • Dan yang paling penting adalah mayoritas member kaskus.us merupakan orang asli Indonesia yang sangat mendukung kemajuan negri tercinta ini.
Selain itu kaskus.us juga selalu mengembangkan inovasi terbaru. Inovasi ini antara lain adalah dengan berkerja sama dengan inTouch Innovate Indonesia dengan menghadirkan aplikasi Kaskus ODP, sehingga memberi keleluasaan kepada Kaskuser saat mengakses aplikasi melalui ponsel berbagai tipe dan merk. Dan sejak diluncurkanya aplikasi kaskus ODP ini, jumlah pengakses kaskus mobile selalu meningkat.
Rekomendasi dari saya: Relasi dengan E-Business ini harus mengacu pada penyediaan pelayanan informasi bagi kalangan bisnis.
Transaksi antara pemerintah dan pebisnis diperintens dengan tujuan untuk mengurangi biaya dan mengumpulkan informasi yang lebih akurat agar keutungan dua belah pihak lebih dapat dimaksimalkan
Tujuan dari jenis pelayanan ini baiknya di laksanakan yaitu dengan memudahkankanya pemerintah membeli sesuatu, membayar tagihan dan melakukan bisnis dengan biaya yang lebih pantas.

Terima kasih, sekian post saya kali ini, semoga ada manfaatnya, salam.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s